Pekerja Sosial Tuban

masalah sosial – pekerjaan sosial – ilmu sosial

About

https://pekerjasosialtuban.wordpress.com/ aktif pada Tanggal 26 April 2010, dikelola oleh Khoirul Ilmawan seorang staf pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja, Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tuban Jawa Timur Indonesia, sekarang bernama Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban.

http://Pekerjasosialtuban.wordpress.com/ hadir adalah untuk memotret Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) serta Usaha-usaha Kesejahteraan Sosial (UKS) di Kabupaten Tuban.

Pengertian PMKS, PSKS dan UKS:

  • Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) adalah seseorang, kelompok maupun masyarakat yang karena hambatan, kesulitan atau gangguan sehingga tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya, yang mengakibatkan tidak terpenuhi kebutuhan hidup, baik jasmani, rohani maupun sosial dengan wajar. Hambatan atau kesulitan tersebut dapat berupa kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, keterbelakangan, keterasingan, dan perubahan lingkungan secara mendadak seperti bencana alam atau bencana sosial.
  • Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) adalah segala sesuatu yang dapat digali dan didayagunakan untuk mencegah dan menangani permasalahan kesejahteraan sosial dan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, baik berupa sumber daya manusia, sumber daya alam maupun organisasi sosial.
  • Usaha-Usaha Kesejahteraan Sosial adalah semua upaya, program dan kegiatan yang ditujukan untuk mewujudkan, membina, memelihara dan mengembangkan kesejahteraan sosial.
  • Pekerjaan Sosial adalah suatu bidang keahlian yang mempunyai tanggung jawab untuk memperbaiki dan atau mengembangkan interaksi antara orang/sekelompok orang dengan lingkungan sosial mereka, sehingga memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas kehidupan, mengatasi kesulitan dan mewujudkan aspirasi serta nilai-nilai mereka.

Kritik/saran sangat aku harapkan dan semoga kehadiran https://pekerjasosialtuban.wordpress.com/ bermanfaat bagi Anda.

13 Komentar »

  1. Subhanallah,,,
    ALhamdulillah saya menemukan BLOG ini Mas Khoirul….

    Perkenalkan, saya Joko Setiawan, warga Asli Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban…. Sejak lulus SD melanjutkan sekolah di SMPN 1 Bojonegoro, SMKN 4 Bojonegoro dan saat ini masih menjalani kuliah di STKS(Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial) Bandung Jurusan Rehabilitasi Sosial.

    Mungkin kita bisa banyak sharing mengenai penanganan masalah sosial, dan mungkin juga saya bisa mencuri banyak ilmu dari sini tentang kajian lapangan masalah sosial di Tuban,,,,

    Silahkan mengunjungi BLOG saya jika berkenan🙂

    Salam semangat selalu

    Komentar oleh Muhammad Joe Sekigawa | Juni 3, 2010 | Balas

    • Dengan senang hati jika Anda mau mengontak saya,,,
      0856 938 29 101
      Joko Setiawan, STKS Bandung🙂

      Komentar oleh Muhammad Joe Sekigawa | Juni 3, 2010 | Balas

      • Terima kasih, kira-kira untuk santainya jam berapa ya??????

        Komentar oleh peduliku | Juni 7, 2010

    • Subhanallah wal hamdulillah ………aku juga nggak nyangka kalo pada akhirnya ada yang mau mampir di blog ini apalagi seorang mahasiswa STKS lagi… semoga blog ini nggak malu-maluin, terima kasih atas perkenalannya.

      Komentar oleh peduliku | Juni 7, 2010 | Balas

  2. Assalamu’alaikum wr,wb
    Mas,,,, Kalau hendak mencari artikel yang lumayan lengkap tentang Praktek Pekerjaan Sosial dan teorinya,,, silahkan kunjungi salahs atu dosen STKS Bandung(Jurusan Pengembangan Sosial Masyarakat) Bapak Dr. Bambang Rustanto di sini http://bambang-rustanto.blogspot.com/

    Semoga bermanfaat🙂

    Komentar oleh Muhammad Joe Sekigawa | Juni 19, 2010 | Balas

  3. Setiap ada kemauan pasti ada jalan. Saya salut dengan blog ini, masalah-masalah sosial di negeri ini masih banyak belum tertangani, kalau Bung Khoirul Ilmawan dari Tuban mampu berbicara via blog, saya berharap ada blogger2 lain dari daerah se-antero nusantara untuk juga menampilkan masalah sosial dari daerahnya sendiri. Selamat dan sukses.

    Komentar oleh RomoWage | Desember 16, 2010 | Balas

    • Terima kasih atas kunjungan Bapak/Mas Romo disini, juga atas dukungannya, jika ada waktu kunjungi juga khoirulilmawan.com

      Komentar oleh peduliku | Desember 18, 2010 | Balas

  4. jempol buat kepudulian anda…
    jarang sekali orang peduli akan permasalahan sosial, yang sebenarnya tiap hari kita rasakan bersama… tetapi seakan-akan orang tak mau tahu… salut deh pkoke…

    Komentar oleh arif setiawan | Mei 10, 2011 | Balas

    • Terima kasih atas dukungannya, “Berbuatlah meskipun kecil manfaatnya”

      Komentar oleh peduliku | Mei 12, 2011 | Balas

  5. assalamu’alaikum.. salam kenal ya pak…

    wah ini saya sedang mengikuti workshop “Redefinisi Pemberdayaan Dalam Perspektif Muhammadiyah” yang diadakan oleh Majelis Pemberdayaan Masyarakat PWM D.I. Yogyakarta…

    pas banget sama blognya

    Komentar oleh choirul | Juli 30, 2011 | Balas

    • Wa’alaikum salamm…… salam kenal balik buat Mas choirul, selamat mengikuti workshop, semoga mendapatkan definisi yang lebih baik termasuk dalam implementasinya🙂

      Komentar oleh peduliku | Juli 30, 2011 | Balas

  6. pelatihan di simo jadi gak ya…

    Komentar oleh Ahmad Plur Mohammad | November 25, 2011 | Balas

    • Aduh … sibuk nich …..maaf baru bisa jawab sekarng, pelatihan jadi dan udah berakhir kemarin, sayang sekali aku nggak sempat update untuk sekedar berbagi tentang beberapa hal mengenai kegiatan sosial, termasuk hasil pelatihan TAGANA yang ada di Simo, Soko. sayang sekali habis aku terlalu sibuk mulai besok sampai 12 Desember juga masih keliling untuk peningkatan kegiatan Karang Taruna, bener2 capek. tetapi tetap semangat.

      Komentar oleh peduliku | November 30, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: