Pekerja Sosial Tuban

masalah sosial – pekerjaan sosial – ilmu sosial

Latihan Keterampilan penyandang cacat

Latihan Keterampilan penyandang cacat. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, tahun inipun  Dinas sosial, Tenaga Kerja, Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tuban menyelenggarakan latihan ketrampilan bagi penyandang cacat. Latihan tersebut diselenggarakan di Loka Bina Karya (LBK), sebuah bangunan warisan Departemen Sosial yang masih berfungsi sampai saat ini sebagai tempat pelatihan. Latihan tersebut diselenggarakan selama 20 hari, dimulai hari ini tanggal 10 Nopember 2011, diikuti oleh 30 penyandang cacat, terbagi ke dalam kelompok Latihan Menjahit dan Latihan Service Elektro.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk melatih kemandirian dan ketrampilan para penyandang cacat agar ketika nanti mendapat kesempatan belajar di kelas intensif sudah terbiasa berpisah dengan orang-orang yang merawatnya selama ini dan sudah memiliki bekal ketrampilan dasar, yang selanjutnya para penyandang cacat ini akan dikirim ke panti sosial Bina Daksa “Suryatama” Bangil, Pasuruan untuk mengikuti kelas intensif, sehingga ketika lulus mereka mampu mengoptimalkan potensi diri, mampu memotifasi diri dan mampu bersosialisasi dengan lingkungannya serta memiliki ketrampilan sebagai bekal hidup, lepas dari ketergantungan pada orang lain.

Penyandang Cacat berat

Perlu diketahui juga bahwa sampai saat ini para penyandang cacat berat yaitu seseorang yang karena suatu sebab segala aktifitasnya sangat bergantung pada orang lain, di Kabupaten Tuban yang telah mendapatkan jaminan sosial sebesar Rp. 300.000,- perbulan, tahun ini mencapai 21 orang. Sedangkan data yang sudah masuk untuk diusulkan pada anggaran 2012 sebanyak 86 penyandang cacat, semoga berhasil demi meringankan sedikit beban mereka.

November 10, 2011 - Posted by | Usaha-Usaha Kesejahteraan Sosial |

3 Komentar »

  1. saya punya anak tunarungu ya sdh lulus smalb,mohoin bantuan agar anak tsb dpt mandiri,semangatnya untuk kerja memperoleh penghasillan sendiri sangat besar,saat ini saya bingung mencarikan dia pekerjaan

    Komentar oleh sayekti | Mei 29, 2012 | Balas

    • Mohon maaf Bu Sayekti, karna kelamaan gak buka blog ini, anak ibu sudah punya ketrampilan apa ya? atau belum punya ketrampilan. Jika belum punya ketrampilan silahkan didaftarkan di Dinas sosial setempat agar mendapatkan pelatihan. atau lebih baik ibu datang ke dinas sosial untuk kunsultasi. terima kasih.

      Komentar oleh peduliku | Juli 23, 2012 | Balas

    • anak ibu namanya siapa? mungkin sy kenal

      Komentar oleh m. ashar | Agustus 15, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: