Pekerja Sosial Tuban

masalah sosial – pekerjaan sosial – ilmu sosial

Biarkan Bayi Tetap Hidup

Semoga pembaca berkenan dengan judul postingan ini. Postingan ini adalah sekedar reaksi terhadap berita tentang seringnya terjadi pembuangan bayi atau pembunuhan bayi. Meskipun hanya sekedar reaksi tetapi jika Anda tahu tulisan ini bisa mencegah terbuangnya bayi atau pembunuhan bayi.

Sekilas alasan mengapa orang tua tega membuang atau membunuh bayinya sendiri adalah karena kelahiran bayi tersebut tidak dikehendaki. Kebanyakan alasan yang sering kita dengar adalah bayi tersebut lahir dari pasangan yang belum menikah dan sedikit sekali karena alasan ekonomi. Pembuangan atau pembunuhan bayi tersebut tidak boleh terjadi, mengingat si ibu telah bersabar setidaknya selama Sembilan bulan menunggu kelahiran sang bayi dan ketika bayi yang dikandungnya lahir, yang terjadi adalah ketakutan, kepanikan dan mungkin juga rasa malu yang sangat sehingga melupakan akal sehat dengan mengambil jalan pintas membuang atau membunuh bayinya sendiri. Sebenarnya kepanikan si ibu ini wajar oleh karena tidak siap menjadi orang tua apalagi kalau kondisinya masih sekolah. Membuang bayi apalagi sampai membunuh bayi bukanlah jalan keluar yang baik dan juga bukan penyelesaian masalah, justru malah timbul masalah baru yang lebih rumit, setidaknya dengan aparat hukum. Bukannya aib tertutupi tetapi justru aib semakin menyebar. Kalau dikaitkan dengan masalah agama wah … ini aku yang belum punya ilmunya.

Melihat kasus di atas peran Anda menjadi penting tetapi cukup sederhana sekali untuk dilakukan. Jika  Anda mendapati wanita yang hamil diluar nikah di keluarga Anda atau di lingkungan Anda (tetapi semoga tidak pernah terjadi) yang harus Anda lakukan adalh memotivasi si ibu ini agar tetap tegar dan yang terpenting memastikan bayi lahir selamat dan hidup. Nah ketika si ibu ataupun mungkin juga keluarganya tidak menghendaki keberadaan si bayi ini maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menginformasikan ke si ibu atau keluarganya untuk menitipkan atau menyerahkan si bayi ke Dinas Sosial setempat, kalau di Kabupaten Tuban Jawa Timur alamatnya adalah Jl. Teuku Umar Nomor 7 atau di Bidang Sosial Jl. Basuki Rachmad Nomor 250.

Keuntungan menitipkan bayi di Dinas Sosial adalah secara kejiwaan si ibu menjadi lebih tenang, tidak merasa bersalah yang berkepanjangan dan  tentu saja anak jadi selamat dan tetap memiliki hak hidup, juga jika dikemudian hari si ibu atau keluarganya menghendaki bayi ini diambil kembali masih bisa dilakukan asal ada perjanjian.

Oh ya … jangan khawatir kalau Anda atau si ibu dan keluarganya menghendaki kerahasiaan maka Dinas Sosial akan menjaminnya. Karena apa? Salah satu kode etik Pekerjaan Sosial adalah menjaga kerahasiaan identitas si klien.

Semoga bermanfaat.

Oktober 19, 2010 - Posted by | Masalah Sosial |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: