Pekerja Sosial Tuban

masalah sosial – pekerjaan sosial – ilmu sosial

Kegiatan Karang Taruna di Kabupaten Tuban

Kecenderungan bahwa tidak semua anak dapat meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mungkin akibat dari ketidakberdayaan secara ekonomi maupun akibat dari cara pandang yang keliru dari orang tua maupun anak itu sendiri mengenai arti pentingnya pendidikan, telah menyebabkan terjadinya pengangguran. Mungkin juga ada alasan yang lebih kuat dari itu yang dipakai dasar membenarkaan mengapa anak-anak yang semestinya masih sekolah tetapi menganggur, yang jelas pengangguran itu terjadi, kalau tidak bisa dikatakan banyak pengangguran. Yang jelas dengan adanya pengangguran telah dipakai alasan sebagai penyebab terjadinya penggunaan, pengedaraan Narkoba, konsumsi minuman keras, kriminalitas, tindak kekerasan serta berbagai permasalahan sosial generasi muda lainnya, yang telah diklaim sebagai masalah yang komplek yang mengancam masa depan generasi muda pada khususnya dan masa depan bangsa pada umumnya.

Agar supaya generasi muda ini dapat menjalankan fungsi sosialnya sebagai anggota masyarakat yang trampil dan aktif berpartisipasi secara produktif maka pengangguran harus ditangani. Siapapun orangnya baik secara perorangan maupun kelompok mempunyai tanggung jawab agar generasi muda tidak menjadi pengangguran. Bagi yang memiliki kemampuan finansial bisa mendirikan tempat-tempat kegiatan, pelatihan ketrampilan/kejuruan atau membiayai mereka untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut. Bagi yang tidak memiliki kemampuan finansial, dapat melakukannya dengan memberikan/mencarikan informasi baik kepada anak atau kepada orang tuanya, juga dapat menginformasikan kepada pihak yang melaksanakan kegiatan, lembaga pelatihan bahwa generasi muda di lingkungannya membutuhkan kegiatan, latihan ketrampilan/kejuruan.  Dengan tujuan bahwa generasi muda ini harus memiliki kegiatan positif  dan juga memiliki bekal ketrampilan yang cukup, yang pada akhirnya generasi muda memiliki tanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga maupun masyarakat. Di dalam prinsip-prinsip pekerjaan sosial di kenal dengan istilah ”membantu individu, kelompok maupun masyarakat agar mereka dapat membantu dirinya sendiri”.

Sebagai perwujudan dari bentuk perhatian kepada generasi muda yang kebetulan tidak memiliki/minim kegiatan, maka pada tanggal 7 Juni 2010 sebagai kelanjutan dari gelombang pertama yang akan selesai pada akhir bulan Juni ini, maka Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tuban bekerja sama dengan UPT PSRT Bojonegoro dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) telah mengadakan seleksi bagi Calon Siswa UPT PSRT Bojonegoro, Tempat di Aula Bidang Sosial pada Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tuban dengan sasaran remaja anggota Karang Taruna yang diakibatkan oleh :

  • Masalah sosial ekonomi;
  • Pengangguran;
  • Tidak memiliki ketrampilan;
  • Tingkat pendidikan rendah;

Persataratan untuk menjadi calon siswa adalah :

  • Usia 15 s/d 21 tahun;
  • Belum menikah;
  • Pendidikan minimal SLTP;
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Berniat sungguh-sungguh mengikuti bimbingan;
  • Bersedia di asramakan dan mentaati tata tertib;
  • Berkelakuan baik.

Jangka waktu Bimbingan dan Latihan Ketrampilan adalah 6 bulan, biaya ditanggung Pemerintah. Adapun nama-nama yang mengikuti seleksi calon siswa PSRT adalah:

NO. NAMA ALAMAT
1. Agus Sumito Ds. Losari Kec. Soko
2. Subkan Ds. Losarai Kec. Soko
3. Achmad Taufik Ds. Cepokorejo Kec. Palang
4. Mohammad Asrori Ds. Sugiharjo Kec. Tuban
5. Asri Handayani Ds. Kebonagung Kec. Rengel
6. M. Rusydi Fadlli Ds. Sumberagung Kec. Plumpang
7. M. Nuruddin A. Ds. Rengel Kec. Rengel
8. M. Amrul Mugids Ds. Rengel Kec. Rengel
9. M. Arif Febrianto Ds. Sokosari Kec. Soko
10. Suliswanto Ds. Sokosari Kec. Soko
11. Aliv Alvian Ds. Sokosari Kec.Soko
12. Muoedi Muzakka Ds. Sendang Kec. Senori
13. Juni Arif Fauzan Ds. Kenongosari Kec. Soko
14. Achmad Musta’in Ds. Sumurgung Kec. Tuban
15. Mochammad Jito Ds. Sumurgung Kec. Tuban
16. Joko Kuncoro Kel. Gedongombo Kec. Semanding
17. M. Samsul Andik Kel. Gedongombo Kec. Semanding

Juni 17, 2010 - Posted by | Usaha-Usaha Kesejahteraan Sosial |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: